Dengan pembelajaran kurikulum yang ada di Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) baik teori dan praktik mengajar di dalam kelas maupun praktik mengajar di sekolah dasar yang bekerjasama dengan Program Studi, Kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mencakup berbagai aspek yang dirancang untuk memastikan bahwa mereka siap mengajar di sekolah dasar. Berikut adalah beberapa kompetensi utama yang diharapkan dari lulusan PGSD sebagai berikut:
Kompetensi Pedagogik: Menguasai teori-teori belajar dan pembelajaran, mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang efektif, menggunakan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar, mampu mengelola kelas dengan baik.
Kompetensi Profesional: Menguasai materi pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar, mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan dan mata pelajaran yang diajarkan, mampu melakukan penelitian sederhana yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar.
Kompetensi Sosial: Mampu berkomunikasi dengan efektif dengan siswa, rekan kerja, orang tua siswa, dan masyarakat, memiliki kemampuan bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk kepentingan pendidikan.
Kompetensi Kepribadian: Menunjukkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menunjukkan akhlak mulia dan menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat, memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi terhadap profesi sebagai guru.
Kompetensi Teknologi: Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, menguasai penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras yang mendukung proses belajar mengajar.
Kompetensi Literasi dan Numerasi: Mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar, menggunakan berbagai teknik dan metode untuk mengembangkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung pada siswa
Memiliki kemampuan dalam meneliti dan memecahkan permasalahan pembelajaran dan memanfaatkan hasil penelitian untuk pengembangan serta meningkatkan kualitas pendidikan sekolah dasar